Kekurangan dan Kelebihan Toyota Fortuner Generasi Pertama

fortuner pertama

Mobil SUV yang sangat populer ini memang menarik untuk kita bahas lebih jauh. Tidak banyak orang yang tau jika mobil yang sangat tangguh ini memiliki beberapa kelemahan dari banyak sisi, yang nantinya tentu saja menjadi sebuah faktor penting bagi anda ketika ingin membeli Toyota Fortuner khususnya generasi pertama.

Toyota memproduksi SUV paling populer salah satunya adalah Fortuner. Mobil ini tidak sepopuler Prado atau Land Cruiser, tetapi sudah mendapatkan tempat terbaik bagi para pelanggan setianya termasuk di Indonesia.

Tentu saja kepopuleran Fortuner ini salah satunya karena memang dalam hal perakitanya sendiri dilakukan juga di Indonesia.

Dengan keunggulan sangat jelas dari sisi 4 penggerak roda membuat mobil ini sangat handal dalam berbagai medan.

Spesifikasi

Toyota Fortuner dibekali dua mesin empat silinder. Mesin yang lebih bertenaga bekerja dengan bahan bakar diesel dan dilengkapi dengan turbocharger dan intercooler.

Mekanisme distribusi gas memiliki 16 katup dengan kapasitas mesin – 2,8 liter dan menghasilkan sampai dengan 177 hp. Dengan spek mesin ini akselersasi mobil ini sendiri sampai dengan 100 km / jam dalam waktu 11 detik dengan ecepatan maksimumnya 180 km / jam. Kemudian jenis mesin yang kedua adalah benis dengan 2,7 liter dan 166 hp.

Keunggulan

Keunggulan utama Toyota Fortuner adalah kemampuannya untuk melintas di medan off-road. Mobil ini memiliki rangka yang kuat kemudian body yang besar dengan dibantu oleh suspensi independen dan penggerak ke keempat roda tentu saja membuat ia sangat gesit di jalan tanjakan, kemudian bebatuan dan krikil.

Kemudian tidak ketinggalan dari sisi desain kabin yang lumayan luas juga menjadi salah satu kenyamanan bagi semua orang yang menggunakan mobil ini.

Kelemahan Toyota Fortuner Keluaran 2005–2016

Pada Bagian Casis

Banyak pengguna mobil ini mengeluh bahwa saat melaju dengan kecepatan di atas 80 km / jam di jalan berkerikil, mobil mulai kurang nyaman, dan bagian belakang bergoyang pada kecepatan rendah.

Kelemahan ini tidak hanya khas pada mobil fortuner, tetapi juga pada Cruiser. Ini disebabkan oleh tingginya pusat gravitasi kendaraan.

Dengan jarak tempuh 90 ribu km, fungsi bantalan tampaknya perlu diganti termasuk pada bagian saringan oli.

Pada Bagian Mesin

Terlepas dari kenyataan bahwa mobil ini cukup handal, namun ada kelemahan pada bagian sisitem pendinginnya dimana rawan panas dan bisa pecah ketika kondisi mesin sudah terlalu panas. Maka dari itu, banyak yang menyarangkan pipa bagian pendingin harus diganti dari bahan logam, karena masih menggunakan bahan plastik.

Kemudian dari sisi performa sendiri, secara umum mobil ini memang yang menggunakan mesin bensin lebih lambat akselerasinya jika dibandingan dengan yang menggunakan diesel. Jadi kami sarankan buat anda untuk kenyamanan yang lebih baik maka pilih Fortuner diesel saja.

Konsumsi bahan bakar

Sudah jelas dengan dibekali mesin yang bersar dan body yang bongsor juga mobil ini sangat boros memang dan tidak sama sekali di rekomendasikan digunakan jalanan yang macet sekelas perkotaan dengan konsumsi rata rata 15-18 liter per 100 km.

Kursi yang tidak nyaman

Banyak penggemar mobil mengeluh tentang posisi kursi dan roda kemudi yang tidak terlalu optimal, dan tidak mungkin untuk menyesuaikan secara normal. Alhasil, punggung dan lengan pengemudi cepat lelah.

Harga

Dari sisi harga memang bisa masuk pada kelebihan dan kekurangan juga sebenarnya, akan tetapi jika kita cek pasaran fortuner baru sekarang ini memang sangat mahal dan hanya menjangkau kalangan menengah keatas.

Namun, anda tidak boleh berkecil hati jika ingin memiliki mobil ini dengan harga murah maka bisa beli dalam kondisi bekas, namun tentu saja anda akan melakukan banyak pengecekan yang mendetail untuk mendapatkan unit yang masih bagus.

Kesimpulan

Terlepas dari semua kekurangannya, Toyota Fortuner adalah pilihan yang tepat bagi anda yang suka bepergian jauh dengan kondisi medan jalan yang tidak menentu.

Kemudian kelebihan lain dari mobil ini adalah dari sisi harga jual memang sangat stabil sekali, kemudian sampai sekarang jika dibandingkan dengan SUV lain bisa dikatakan Fortuner memang masih sangat unggul di pasaran lokal Indonesia.

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan