Kuasai Beberapa Strategi saat Belajar Saham untuk Pemula

Perkembangan dunia yang semakin modern memaksa manusia yang hidup di dalamnya untuk terus berkembang dan berani keluar dari zona nyamannya jika mau hidup kayak. Salah satu caranya adalah dengan ikut saham. Belajar saham untuk pemula memang sulit tapi bukan berarti tidak bisa.

Strategi Jitu Belajar Saham untuk Pemula

Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang high risk namun high profit. Sebagai seorang pemula tentunya tidak bisa langsung paham dan mengerti kondisi lapangan, jangan gampang tergiur. Harus mulai dari bawah dulu sambil belajar analisa dan meningkatkan ketajaman insting.

Mulai Dengan Jumlah Kecil Terlebih Dahulu

Sebagai seorang pemula jangan mudah tergiur dengan share kisah-kisah inspiratif para investor yang sudah berhasil di dunia trading saham. Hal ini akan mengakibatkan Anda terjun dalam dunia tersebut tanpa didukung skills dan kemampuan yang mumpuni, hingga berakhir dengan kegagalan.

Taktik awal saat melakukannya sebagai pemula lebih baik mulai dengan investasi saham jumlah kecil terlebih dahulu, agar resiko yang dihadapi juga tidak terlalu tinggi. Walaupun nantinya ada kerugian tidak dalam jumlah terlalu besar. Misal invest saja dulu sekitar 10 sampai 20 juta rupiah.

Selalu Melakukan Pengamatan Dengan Situasi Ekonomi dan Politik

Pemula harus sangat sangat paham dengan berita mengenai keadaan politik, ekonomi, dan bisnis di negara tersebut. Karena investasi saham paling baik dilakukan saat situasi ekonomi sedang meningkat atau dalam masa stabilnya. Disarankan jangan malas-malas mengikuti berita up-to-date.

Seorang trader saham harus pandai dalam membaca situasi ekonomi kemudian menganalisa dan membuat penilaian terhadap pertumbuhan ekonomi. Ini merupakan salah satu bagian strategi yang sering dilakukan oleh semua investor saham,  jangan bosan untuk belajar analisa dengan pakarnya.

Pilihlah Saham Dengan Rasio PE yang Rendah

Tips bagi pemula yang ingin memilih saham. Pilihlah yang punya PE rendah. PE merupakan istilah untuk harga per lembar saham dibagi dengan pemasukan bersih per lembarnya. Sebenarnya tidak ada ketentuan berapa besar kecilnya batas rasio tersebut. Namun ini menjadi hal penting bagi Anda.

Mengetahui batas rasio PE hingga bisa menentukan titik terendahnya akan memberikan Anda wawasan terhadap produk lain yang serupa dengan saham yang juga Anda pilih untuk investasi. Jangan bosan untuk meminta pembelajaran dari senior atau baca-baca buku trading saham.

Pilih Saham Dari Produk Yang Anda Sukai

Memilih saham juga jangan berdasarkan iseng-iseng saja. Sebaiknya pilih dari produk yang Anda sukai. Dengan melibatkan pemahaman terhadap produk yang sudah familiar akan berdampak baik dari kemajuan pemikiran Anda sebagai seorang investor di masa sekarang dan mendatang.

Pola perkembangan saham memang tidak bisa ditebak dengan mudah. Alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan kemampuan yang sudah familiar terhadap suatu produk agar nantinya mempermudah dalam mencapai sebuah tujuan awal bermain dalam bisnis saham.

Amati Sentimen Pasar Saham

Terakhir strategi paling dasar namun berdampak bagi keberhasilan Anda dalam berinvestasi adalah terus mengamati sentimen pasar sebagai penentu nilai saham. Walaupun dapat nilai PE rendah dan harga kapitalisasi cukup tinggi, namun jika pasar tidak mendukung sama saja akan merugi.

Jangan sampai mengabaikan faktor-faktor seperti angka inflasi, harga komoditas, serta suku bunga jika ingin berhasil mengamati pasar saham. Intinya belajar saham sebagai pemula jangan mudah menyerah. Terus kuatkan tekad hingga capai tujuan.

Maksimalkan potensi saat belajar saham untuk pemula agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan